Jumat, 17 September 2010

Baker King, Kim Tak Goo berakhir indah dengan rating tinggi, dan Playfull Kiss memiliki rating rendah



Series drama KBS, Baker King Kim Tak Goo, yang didaulat sebagai drama nasional karena pencapaian ratingnya melebihi 40% menayangkan episode finale-nya Kamis malam, 16 September kemarin. Definisi resmi dari “drama-nasional” adalah sebuah drama yang mencapai rating lebih dari 40% di Korea Selatan, dimana hampir seluruh penduduk Korea menonton drama tersebut dan membicarakannya. Contoh : Sandglass, My Name is Kim Sam Soon, dan A Rosy Life.

Dan di akhir episodenya, episode 30, Baker King Kim Tak Goo mampu meraih rating 49.7%. Bisa dikatakan, berarti hampir separuh orang Korea Selatan memilih stasiun tv KBS untuk menonton drama ini.



Gambar berikut ini adalah gambar dua pemeran pria utama, sebagai abang-beradik, dalam series Baker King Kim Tak Goo, Yoon Shi Yoon sebagai Kim Tak Goo dan Joo Woon sebagai Gu Ma Jun. Keduanya bukanlah aktor yang sudah cukup terkenal dengan banyak project drama, seperti Chun Jun Myung, Im Ju Hwan. Bahkan drama ini adalah drama pertama Joo Woon.

Sedikit analisis perihal mengapa Baker King Kim Tak Goo bisa mencapai rating yang tinggi.

Pertama ditinjau dari jalan cerita dan kecepatan alur cerita. Alur dan kecepatan drama ini bercerita selewat episode 7 cukup konstan. Enam episode pertama akan berkisah perihal kelahiran Kim Tak Goo dan Kim Tak Goo umur 12 tahun. Selewat dari episode 6, adalah cerita pemuda Kim Tak Goo berumur 24 tahun. Cukup bertahan melewati enam episode pertama yang cukup membosankan, setelahnya adalah alur cerita yang naik-turun seperti jet-coaster.

Kedua adalah akting yang cukup meyakinkan dari semua aktor/aktris pendukung. Walaupun Yoon Shi Yoon dan Joo Woon dapat dikategorikan sebagai pendatang baru, namun, akting mereka cukup berkelas. Terutama Joo Woon yang berperan sebagai antagonis. Walaupun sebagai pemeran antagonis, Joo Woon dapat memerankan karakter Gu Ma Jun dengan baik. Spoiler:Sedari kecilnya, Gu Ma Jun sebenarnya bukanlah anak yang jahat, cuma salah didik. Siapa pula yang tidak akan menjadi cynical dan skeptis kalau dia mengetahui bahwa dirinya adalah hasil hubungan gelap ibu dan sekretaris ayahnya di umur 12 tahun? Bahwa, seorang anak dari antah berantah bisa merebut kasih sayang dan perhatian ayah yang ia kagumi pada umur 12 tahun? He makes me wants to turn back the hands of time and to give hug to his-kid-version, poor boy.

Ketiga, terdapat konsistensi antara karakter setiap tokohnya dari mereka kecil sampai mereka dewasa. Enam episode pertama akan menceritakan Kim Tak Goo kecil, Shin Yu Kyung kecil, Gu Ma Jun kecil, Gu Ja Kyung kecil dan Gu Ja Rim kecil. Di episode berikutnya diceritakan versi dewasa mereka. Dari rupa sampai sifat dan karakter versi dewasa cukup mendekati versi kanak-kanaknya. Hal ini memberikan kesan familiar.

Selain itu, cerita dalam drama ini dituturkan dengan rapi, dan tidak terlalu banyak peristiwa “kebetulan” yang menghiasi drama ini. Dan percakapan yang terjadi antara tokoh-tokohnya mengalir dengan rapi, walaupun beberapa terkesan percakapan yang berat karena penuh dengan petuah, tapi secara keseluruhan cukup dapat dinikmati tanpa harus berpikir keras, atau percakapan yang terlalu ringan sampai menjadi drama kosong tanpa makna.

Sementara itu, saingan lain, episode 12 My Girlfriend is a Gumiho ( featuring Lee Seung Gi dan Shin Min Ah ) mencapai rating 8.7%. Turun sedikit dari rating episode sebelumnya. Tapi, setidaknya drama ini bisa bernapas dengan lega dengan berakhirnya kompetitor kuat mereka. Ini juga berarti beban bagi pengganti drama ini, Runaway/Fugitive yang dibintangi oleh Bi dan Lee Na Young.


Namun, malang bagi Playful Kiss, yang ratingnya bahkan tidak masuk 20 besar. Episode 1 Playful Kiss dibuka dengan rating 3.5%, cukup rendah. Meningkat sedikit di episode 2 menjadi 3.7%, dan di episode berikutnya 3.5%, 3.4%, 3.0%, 2.8% ( episode 6 ). Saat dipikir ratingnya sudah cukup rendah, ternyata masih bisa turun lagi sebesar 0.2%. Yang mengherankan adalah walaupun ratingnya tidak tinggi, namun cukup banyak permintaan untuk menonton series ini langsung dari Internet. Setidaknya ini adalah hiburan bagi para aktor/aktris/kru Playful Kiss.



3 komentar:

Posting Komentar

 

K-Pop Gallery | Designed by www.rindastemplates.com | Layout by Digi Scrap Kits | Author by Your Name :)