Sabtu, 28 Agustus 2010

Berapa Banyak Bayaran Artis Korea?

Umumnya, para penggemar setia acara musik KPop yang spektakuler mungkin berpikir bahwa bayaran yang diterima para artis yang tampil pasti sangat besar, diluar jumlah uang yang bisa dibayangkan. Namun, pengumuman yang baru dikeluarkan oleh Asosiasi Penyanyi Nasional Korea ( Korea’s National Singer Association ) cukup diluar dugaan.

Asosiasi Penyanyi Nasional Korea baru-baru ini memilih artis penyanyi aliran lagu trot, Tae Jin Ah menjadi presiden asosiasi tersebut. Sebagai perwakilan baru asosiasi tersebut, Tae Jin Ah menyatakan, “Aku akan membuat bayaran bagi para artis untuk tampil di acara program musik lebih realistis.”

Apakah maksud pernyataan tersebut?

Rupanya artis yang tampil di acara program musik tersebut mendapat bayaran yang sangat kecil. Tidak sedikit artis yang sudah menyatakan, bahwa dengan tampil di acara-acara tersebut, mereka tidak memperoleh keuntungan, sebaliknya malah merugi.

Berdasarkan laporan yang diterima, setiap kali seorang artis tampil di panggung pertunjukan untuk sebuah acara program musik, artis tersebut akan mendapatkan bayaran sekitar $200. Tarif ini berlaku secara umum untuk ketiga stasiun televisi, MBC, SBS dan KBS. Tarif ini didasarkan pada lamanya pengalaman artis tersebut didunia musik, bukan didasarkan tingkat popularitas mereka.

Tingkatan tarif ini seperti berikut: untuk mereka yang debut kurang dari 5 tahun, lebih dari 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun, 30 tahun, dan 40 tahun. Selisih tarif untuk artis di tingkatan tersebut adalah $100, tergantung dari tahun berapa artis/grup tersebut debut.


Juga, tarif ini tidak membedakan antara artis per-orang atau artis grup/kelompok. Bisa dibayangkan, terutama bagi artis berkelompok dengan jumlah anggota yang cukup banyak,tentu saja jumlah bayaran tersebut hampir kurang untuk dibagi-bagi ke setiap anggotanya. Sebagai contoh: seorang anggota SNSD hanya menerima sekitar $100 untuk setiap penampilan di atas panggung.













Karena bayaran yang sebegitu rendah, sudah lama, banyak artis yang mengajukan protes kepada stasiun televisi tersebut. Umumnya, artis yang bernyanyi sambil menari akan menghabiskan sekitar $5,000 untuk setiap penampilannya. Biaya ini dihitung dari biaya stylists, kostum panggung dan penari latar. Walaupun mengaku merugi, buktinya tetap banyak artis yang muncul di acara program musik. Karena biar bagaimanapun, tampil di atas panggung di acara program musik televisi penting bagi promosi dan tingkat popularitas si artis sendiri.

What do you think – too low or just right?

source: allkpop

0 komentar:

Posting Komentar

 

K-Pop Gallery | Designed by www.rindastemplates.com | Layout by Digi Scrap Kits | Author by Your Name :)